Sebelum dapat mengusulkan pengadaan PNS pada suatu instansi, instansi tersebut harus melakukan Proses Penyusunan Formasi PNS. Dalam proses penyusunannya, diharapkan dari hasil analisis dapat diketahui kebutuhan formasi PNS yang perlu diisi ketika kedepannya nanti akan diadakan rekrutmen CPNS maupun proses mutasi.

[FORMASI PNS] Proses Penyusunan Formasi PNS

Adapun beberapa hal dasar yang terkait dengan Proses Penyusunan Formasi PNS, antara lain :
  1. Formasi adalah jumlah dan susunan pangkat Pegawai Negeri Sipil yang diperlukan dalam suatu satuan organisasi negara untuk mampu melaksanakan tugas pokok dalam jangka waktu tertentu.
  2. Formasi pegawai disusun dalam rangka memenuhi kebutuhan pegawai pada masing-masing satuan organisasi berdasarkan analisa kebutuhan sehingga setiap satuan organisasi mempunyai jumlah dan mutu pegawai sesuai dengan beban kerja dan tanggungjawabnya.
  3. Formasi masing-masing satuan organisasi negara disusun berdasarkan analisis kebutuhan dan penyediaan pegawai sesuai dengan jabatan yang tersedia dengan memperhatikan informasi jabatan yang disusun setiap tahun anggaran.
  4. Setiap Instansi Pemerintah wajib menyusun kebutuhan jumlah dan jenis jabatan (formasi) PNS berdasarkan analisis jabatan dan analisis beban kerja.
  5. Formasi PNS secara nasional setiap tahun anggaran ditetapkan oleh Menteri yang bertanggung jawab di Bidang Pendayagunaan Aparatur Negara, setelah memperhatikan pendapat Menteri Keuangan dan pertimbangan tertulis dari Kepala Badan Kepegawaian Negara. Dan untuk Tenaga Pendidik/Guru, mendapat pertimbangan dari Menteri Pendidikan dan Kebudayaan.
  6. Penyusunan kebutuhan jumlah dan jenis jabatan PNS (formasi) dilakukan untuk jangka waktu 5 (lima) tahun yang diperinci per 1 (satu) tahun berdasarkan prioritas kebutuhan.
Download PNS KamiKamu di Google Playstore